Assalamualaikum  sobat anime, kali ini kemosjapan akan memberikan info singkat sejarah anime ( animasi jepang ).


Anime adalah istilah yang digunakan untuk menyebutkan film animasi/kartun Jepang, yang biasanya dicirikan melalui gambar-gambar berwarna-warni yang menampilkan tokoh-tokoh dalam berbagai macam lokasi dan cerita, yang ditujukan pada beragam jenis penonton. Anime dipengaruhi gaya gambar manga, komik khas jepang.

Sejarah karya animasi di Jepang diawali dengan dilakukannya First Experiments in Animation oleh Shimokawa Bokoten, Koichi Junichi, dan Kitayama Seitaro pada tahun 1913. Kemudian diikuti film pendek (hanya berdurasi sekitar 5 menit) karya Oten Shimokawa yang berjudul Imokawa Mukuzo Genkanban no Maki tahun 1917. Pada saat itu Oten membutuhkan waktu 6 bulan hanya untuk mengerjakan animasi sepanjang 5 menit tersebut dan masih berupa “film bisu”. Karya Oten itu kemudian disusul dengan anime berjudul Saru Kani Kassen dan Momotaro hasil karya Seitaro Kitayama pada tahun 1918, yang dibuat untuk pihak movie company Nihon Katsudo Shashin (Nikatsu). Pada tahun 1918 Seitaro kembali membuat anime dengan judul Taro no Banpei. Tetapi semua catatan tentang anime tersebut dikatakan hilang akibat gempa bumi di Tokyo pada tahun 1923.

Anime pertama yang mencapai kepopuleran yang luas adalah Astro Boy karya Ozamu Tezuka-sensei adalah seri anime yang 1952 hingga 1968, sedangkan anime-nya diputar pada tahun 1963-1966.

Pada era 80-an, anime mulai banyak di gemari dan kepopulerannya terus meningkat dan semakin banyak produser film yang berusaha memenuhi keinginan masyarakat. Pertumbukan ini semakin ditunjang dengan munculnya kaset video sebagai media. dengan adanya teknologi VCR, orang-orang bisa dengan mudah mendapatkan anime kesukaan mereka dalam bentuk video, dan inilah yang kemudian mendorong munculnya versi video sebuah anime yang langsung dijual kepada masyarakat tanpa harus ditayangkan di televisi terlebih dahulu.
Versi video seperti ini dikenal dengan istilah OVA – Original Video Animation atau OAV – Original Animated Video.

Sejak era 90-an tersebut anime telah menyebar secara luas diluar Jepang. Dan memasuki abad 21, anime semakin membuktikan kualitasnya dengan meraih berbagai penghargaan internasional.

 Semoga info singkat sejarah anime di atas bisa bermanfaat untuk sobat anime. :)

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © KemosJapan - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -